Jumat, 12 Oktober 2012

Semua Tentang Osilasi

Semua Tentang Osilasi

Pengertian Osilasi


Osilasi adalah gerak berulang-ulang, bolak-balik dari kiri ke kanan atau atas ke bawah atau maju mundur pada selang waktu dan lintasan yang sama.

Osilasi terdiri atas dua, yaitu osilasi harmonik sederhana dan osilasi harmonik teredam. Apa yang dimaksud dengan osilasi harmonik sederhana dan osilasi harmonik teredam??

Osilasi harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar titi kesetimbangan. Mungkin kita akan sering menyebutnya dengan getaran. Contoh dari osilasi harmonik sederhana adalah bandul yang diayunkan, bandul tersebut akan bergerak seperti gambar di bawah :





Jika bandul bergerak dari A maka alur pergeraka bandul adalah A ke B ke C ke B lalu balik ke posisi semula A, disebut 1 getaran.


Osilasi harmonik teredam adalah osilasi yang seiring berjalannya waktu akan berhenti karena adanya redaman, seperti gaya gesek udara, gaya ayun yang semakin kecil, dll.

Untuk rumus-rumus osilasi yang lebih lengkap silakan klik disini


Aplikasi osilasi dalam kehidupan

Pergerakan bandul di atas adalah salah satu contoh osilasi harmonik sederhana, masih banyak contoh yang lain. Fenomena osilasi tidak terbatas  pada dunia fisika, banyak fenomena alamiah dan ilmiah terjadi di dalam kehidupan manusia. Banyak sekali contoh konkret di kehidupan manusia yang erat hubungannya dengan fenomena osilasi seperti bandul yang otomatis terus berputar, ayunan, kipas angin yang bergerak kekekiri dan kekanan, pergantian siang dan malam, gerakan pegas, winter dan summer, detak jantung manusia, bekerja dan istirahat, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentu fenomena ini tidak terlepas dari kuasa Allah Yang Maha Menciptakan, dengan kita belajar osilasi ini kita bisa mengetahui bagaimana fenomena terjadinya siang dan malam, denyut jantung yang kadang berdebar yang harusnya membuat kita semakin bersyukur kepada-Nya. Oleh karena itu, tidak ada kata-kata selain taqwa dan bersyukur.

Karena saya bukanlah seorang master fisika ataupun seorang guru tentu perlu dikoreksi materi yang saya sampaikan di atas. Mohon untuk komentar yang membangun untuk mengupdate postingan ini :)

12 komentar:

  1. alhamdullilah membantu sekali;)

    BalasHapus
  2. terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Kalau penjelasan dengan konsep, gak perlu daftar pustaka kali mas...
      Yang penting, paham atau tidak.

      Hapus
  4. aku jadi tau sekarang. syukron akhiy...

    BalasHapus
  5. Terimakasih, atas penjelasannya.
    Ini yang saya harapkan.
    Penjelasan dengan bahasa konsep.
    Lebih mudah memahaminya.
    Dengan meminimalisir istilah.
    terimakasih...

    BalasHapus
  6. Sangat membantu saya dalam pengerjaan soal pendahuluan. Terimakasih

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah yang memberikan komentar walaupun hanya sedikit saja, semoga Allah menjadikan engkau orang-orang yang beruntung. Amiin :)